Ferenc Puskas, Legenda dari HUngaria

Hungaria merupakan salah satu negara di Eropa Timur yang pernah memiliki masa keemasan sepakbola di era 1950’an, dan Hungaria memiliki seorang pemain yang kini menjadi legenda, Ferenc Puskas. Ferenc Puskas terlahir di Budapest tanggal 2 April 1927, memiliki nama lengkap Ferenc Purczeld, dan kemudian dibesarkan di Kispest, sebuah pemukiman di daerah pinggiran. Caps Ferenc Purczeld bersama timnas Hungaria tercatat hingga 85 kali & telah membuat 84 gol, yang kemudian membuatnya menjadi sejarah sepanjang masa di dunia sepakbola Hungaria, terlebih selama Ferenc Purczeld membela Hungaria, negara tersebut disegani oleh negar-negara lainnya saat itu.

Ferenc Puskas

Puskas mengawali karirnya di dunia sepakbola bersama klub local di Liga Hongaria, Kispest AC klub di mana ayah Purczeld melatih, Farenc Sr yang kini menjadi pelatih dan sebelumnya pernah membela klub tersebut. Pada tahun 1949, kepemilikan klub Kispest AC telah diambil alih oleh Kementrian Pertahanan Hongaria untuk kemudia mengganti nama klub tersebut dengan nama Bundapest Honved.

Bersama klub Bundapest Honved, Puskas berhasil mengahantarkan klub tersebut untuk menjadi juara Liga Hongaria dengan torehan sebanyak 5 gelar. Puskas pun mencatatkan diri menjadi pencetak gol terbanyak selama empat musimnya di Liga Hongaria. Tak hanya sampai disitu, bahkan di tahun 1948, Puskas sukses menjadi pencetak gol paling banyak di Eropa dari keseluruhan Liga-liga eropa dengan 50 torehan gol. Dan pada tahun 1956, Puskas juga berhasil membawa Bundapet Honved ikut serta pada tournament Eropean Cup. Dalam pertandingan pertama mereka menghadapi Atletico Bilbao. Pada pertandingan tandangnya di Bilbao, Honved menelan kekalahan 3-2, dan saat pertandingan kandang yang akan di gelar di Bundapest, Revolusi Hongaria pun meletus dan mengharuskan pertandingan akan di gelar di stadion lainnya. Dan akhirnya, pertandingan dari kedua tim melawan Atletic Bilbao yang akan di gelar di Heysel Stadium, Brussels, negara Belgia yang kemduian berakhir sama kuat dengan skor 3-3. Dan secara agregat Honved kalah 6-5 sekaligus harus tersingkir.

Legenda Unik dari Eropa & Real Madrid

Catatan dari sebuah web agen bola mengungkapkan, Setelah terjadinya revolusi di Hongaria pada 1956, Puskas akhirnya menolak jika harus kembali ke Budapest serta bersama beberapa teman-temannya yakni Czibor & Koscis, mereka semu membawa beserta keluarganya untuk bermigrasi dan mencari tim baru di daerah Eropa Barat. Sebagai imbas dari penolakannya tersebut, mereka akhrinya kembali ke Bundapest. Puskas terkena larangan bemain selama kurang lebih dua tahun di wilayah Eropa oleh UEFA. Dampak dari larangan bermain tersebut, dua raksasa Italia, AC Milan dan Juventus yang sebelumnya berniat untuk mendatangkannya, akhirnya harus membatalkan niatnya.

Setelah masa hukumannya brakhir, Puskas mencoba berusaha untuk bisa bermain di Liga Italia, akan tetapi tidak ada klub yang berniat kepada sang pemain, mengingat usianya yang sudah tidak muda lagi. Puskas pun pernah diisukan bakal membela Manchester United, guna menambal kekuatan MU yang saat itu tengah compang-camping paska tragedi kecelakaan pesawat di Munchen. Namun perarturan yang telah di tetapkan FA (Organisasi Sepakbola Inggris) yang mewajibkan pemain asing agar dapat menggunakan bahasa Inggris. Beberapa bulan kemudian Puskas mendapatkan klub barunya Real Madrid yang bertabur bintang dan dihuni beberapa legenda Real Madrid seperti Alfredo Di Stefano, Francisco Gento, Raymond Kopa, Hector Rial, dan Jose Santamaria. Pada saat itu Puskas telah menginjak usia 31 tahun. Baca info profil pemain bola lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.